Hello !! >

Hi, welcome to my world, enjoy this blog :D

Sabtu, 31 Januari 2015

Jurusan Sastra Inggris



Mahasiswa Sastra Inggris Universitas Diponegoro Kelas A

Tulisan ini murni berupa curahan hati seorang mahasiswa Sastra Inggris: aku, dan khusus membahas tentang semester pertamaku di jurusan ini-karena memang baru semester pertamalah yang telah aku lewati. Syukur-syukur bila tulisan ini bisa memberikan pandangan yang cukup jelas tentang Sastra Inggris bagi siapa saja yang sedang galau memilih jurusan.


Jujur saja, sebelum mantap memilih jurusan ini, akupun mengalami kegalauan tingkat parah tentang jurusan apa yang akan aku ambil dan dengan pertimbangan ini itu. Bagaimanapun, pada akhirnya aku kini menyandang status sebagai Mahasiswa Sastra Inggris, dan itu artinya aku harus menjalani dan menerima segala hal yang berkaitan dengan Sastra Inggris.

Hal yang selalu ditanyakan adalah: Prospek Kerja.

Dan untuk masalah ini, aku copas dari sini aja deh, hehe. Blognya kakak tingkatku :3

"Prospek kerja lulusan Sastra Inggris adalah diplomat, reporter, broadcaster, news anchor, HRD, foreign affairs (Kemenlu) officer, interpreter, translator, bank officer, customer service, writer, editor, copywriter, PR, linguist, entrepreneur, tour guide, dosen, dan masih banyak lagi."
Bayangan pertama tentang jurusan Sastra Inggris adalah:

> Harus Menguasai Bahasa Inggris
 
Kenyataannya adalah...

Tidak! Yang harus adalah Punya Modal Bahasa Inggris. Siapapun aku rasa punya modal lah, dari SD sampai SMA juga dapat bahasa Inggris terus kan? Baru, tujuannya kuliah di Sastra Inggris adalah untuk Menguasai Bahasa Inggris buat modal di kedepannya :D

> Semua mata kuliah menggunakan bahasa Inggris.

Kenyataannya adalah...

Tidak! Tidak SEMUA, namun MAYORITAS. Jadi, di semester pertama aku mendapatkan 11 mata kuliah:

1.       Basic Listening
2.       Basic Speaking
3.       Basic Reading
4.       Basic Writing
5.       Basic Grammar
6.       Basic Translation
7.       Le Francais Debutant
8.       Basic Natural Science
9.       Religion Education
10.   Civics
11.   Physical Education

Poin 1 – 6 menggunakan bahasa Inggris dalam proses pembelajarannya, namun tidak semuanya Full English. Selama aku di Undip, hanya Basic Listening, Basic Reading, dan Basic Speaking saja yang full English, selebihnya menggunakan perpaduan bahasa Inggris-Indonesia. Masalah pembelajaran sebenarnya tergantung dosennya juga sih, hehe. Beda dosen beda kebijakan.

Namun untuk UTS, Tugas, dan UAS tentu saja Full English.

Dan, secara umum proses pembelajarannya seperti ini.

1. Basic Listening : Dosen memberi pengantar tentang materi, lalu mahasiswa berlatih mengerjakan soal dengan cara mendengarkan, kemudian dosen berdiskusi dengan mahasiswa untuk membetulkan jawaban yang masih keliru.
Materi: Numbers, Names, Times, Food, Furniture And Rooms, Prices, Health, dll (kalau disebutin semuanya nggak muat ntar)

2. Basic Speaking : Dosen berdialog komunikatif dengan mahasiswa terkait materi sepanjang jam perkuliahan, atau dosen menyimak dialog antar mahasiswa terkait materi.
Materi: Starting And Ending Conversation, Describing Relationships, Describing People, Describing Objects, Giving Direction, dll

3. Basic Reading: Dosen membagikan materi berupa soal, mahasiswa mengerjakan, lalu dosen berdiskusi dengan mahasiswa tentang jawaban yang benar.
Materi: Sentence Comprehension, Word Study, Paragraph Comprehension, Whole Story Comprehension, Enrichment, Graphic Development (dalam berbagai topik)

4. Basic Writing: Dosen menjelaskan materi, lalu mahasiswa berlatih menulis sesuai materi yang telah diterangkan, lalu dibahas.
Materi: Sentence, Part Of Sentence (Subject, Verb, Adverb, Adjective, Punctuation), Clause, Simple Sentence, Compound Sentence, Complex Sentence, dll

5. Basic Grammar : Dosen menjelaskan materi secara garis besar, mahasiswa mengerjakan soal, mahasiswa di beri PR untuk dibahas di pertemuan selanjutnya.
Materi: Noun, Adjective, Adverb, Article, Tenses, Passive, dll

6. Basic Translation : Dosen menjelaskan materi, mahasiswa diberi tugas penerjemahan.
Materi: Segala hal tentang penerjemahan, segala teks untuk diterjemahkan sebagai tugas.
Menurutku mata kuliah 1 – 6 tidak terlalu berat di semester 1 karena masih Basic/dasar. Tidak terlalu berat bukan berarti sangat mudah. Salah! Berbeda dari pelajaran bahasa Inggris di SD, SMP, atau SMA, di dunia perkuliahan masing-masing cabang dibahas secara detail dan spesifik, namun saling berketerkaitan satu sama lain. Jujur terkadang sedikit rumit dan membuat sedikit pusing, tapi bagaimanapun ini sudah menjadi pilihanku, sehingga resiko berpusing-pusing ini harus aku hadapi. Pun bagi kalian yang mau mengambil jurusan ini.

7. Le Francais Debutant: Bahasa Prancis Dasar.
Ini merupakan mata kuliah pilihan. Di Undip, akan ada 3 pilihan yaitu Le Francais Debutant, Korean, atau Japanesse. Bebas memilih yang mana yang disuka :D kalau aku sih, milih Le Francais Debutant karena nggak mau ribet ngapalin huruf keritingnya jepang atau korea. Untuk pelafalannya memang Prancis lebih rumit karena yang ditulis sama yang diucapkan berbeda.

8. Basic Natural Science.
Perpaduan biologi dengan geografi. Jujur aku nggak suka hehe. Materinya contohnya tentang Tata Surya, SDA (geografi kan), terus ada Sel, Reproduksi (biologi kan), dll

Religion Education; Pendidikan Agama. Civics; Pkn. Physical Education; Olahraga. Ketiganya merupakan mata kuliah umum. Di jurusan apapun pasti ada lah..

Alhamdulillah, Allah sangat baik memberikan dosen yang mayoritas menyenangkan di semester pertamaku di Sastra Inggris Undip. Memang ada yang killer, ada yang bikin ngantuk, tapi sekali lagi mayoritas menyenangkan. TOP deh! (minimal dari sudut pandangku). Semoga semester depan semakin menyenangkan.

Okay, that’s all. Thank you. See ya! ^_^


  • Note : kalian bisa kontak aku via email Di anissadifi@gmail.com





10 komentar:

  1. mba, boleh minta contactnya? :)

    BalasHapus
  2. Mbak,... boleh minta no kontaknya?.... syukron

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Assalamu'alaikum mba,untuk pengambilan akta di undip bisa ditempuh brp tahun ya?makasih
    Wassalamualaikum

    BalasHapus
  5. Kak di UNDIP lewat jalur SNMPTN atau SBM atau test lain? Boleh minta e-mailnya? Kalo berkenan mau konsultasi ttg undip dan jurusan sastra inggris

    BalasHapus
  6. mbak, boleh minta kontaknya? email misalnya? ada minat masuk ke undip nih di FIB gitu

    BalasHapus
  7. Kak, boleh minta kontak nya? Email, fb, atau inline yg bisa hubungi? Mau konsul2 nih kak hehe

    BalasHapus
  8. Kak,boleh minta emailnya ga?aku mau nanya2 :) makasi

    BalasHapus
  9. Kak boleh minta emailnya? Aku tertarik sasing undip nih huhu

    BalasHapus
  10. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh kak, sebelumnya maaf ya kak, boleh saya minta contactnya? Buat tanya2 info sastra Inggris di Undip. Soalnya saya tertarik banget buat masuk jurusan itu

    BalasHapus